RSS

Selamat Tinggal Tombol Menu di Android

05 Feb
Boy Genius Report (BGR)
Samsung Galaxy Nexus, smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich

KOMPAS.com – Google secara resmi mengucapkan salam perpisahan pada tombol menu yang ada di perangkat Android, baik itu smartphone maupun tablet.

Di masa mendatang, pengguna Android tak akan lagi menekan tombol fisik untuk menampilkan menu. Semua tombol menu akan tersedia di layar.

Melalui sebuah posting berjudul Say Goodbye to the Menu Button dalam blog resmi developer Android, Google menginformasikan para vendor dan pengembang aplikasi untuk tidak menggunakan tombol menu.

Hal ini dipicu karena Google telah membuat sistem operasi (OS) Android terbaru, versi 4.0 Ice Cream Sandwich yang memiliki tampilan antarmuka baru. Langkah ini juga mengindikasikan usaha Google untuk mengurangi fragmentasi pada ekosistem Android.

Era layar sentuh
Perangkat layar sentuh akan membuat mata pengguna hanya terkonsentrasi pada apa yang ada di layar. Ini membuat sebagian orang melupakan tombol fisik yang berada di luar layar.

Ketika tiba-tiba mereka harus menekan tombol menu, mereka akan sedikit kebingungan mencari tombol menu di layar. Selang beberapa detik, barulah mereka sadar bahwa tombol menu berada di luar layar.

Ini dialami kebanyakan pengguna Android, bahkan yang telah lama menggunakan Android.

Inilah salah satu alasan lain Google untuk tak menggunakan tombol menu fisik di perangkat Android di masa depan.

Kemungkinan besar, tombol fisik yang tersisa pada perangkat Android di masa mendatang hanyalah tombol Power dan tombol pengatur Volume.

Selamat datang Action Bar
Dalam blog resmi developer Android, Google mngatakan bahwa Anda harus berhenti berpikir tentang segala kegiatan yang menggunakan tombol menu. Karena, tombol menu pada Android akan diintegrasikan dengan action bar yang berada di layar.

Menurut Google, langkah ini dilakukan agar semua pengguna Android mendapatkan pengalaman bernavigasi yang sama.

Foto Action Bar Android

Ada banyak aktivitas navigasi yang bisa Anda lakukan dengan Action bar. Mulai dari “Refresh”, “Delete”, “Attach”, “Share”, hingga “Search”. Hal ini akan membuat aplikasi Android lebih intuitif.

Perlahan lupakan kebiasaan menggunakan tombol menu
Google pun menyampaikan bahwa semua aplikasi yang dibuat untuk OS Android sebelum versi 3.0, tidak dapat menjalankan fungsi tombol menu pada perangkat yang sudah menggunakan OS Android versi 3.0 ke atas. Sebab, ada perbedaan sistem navigasi pada tombol menu ini.

Karena alasan ini, Google meminta pengembang untuk segera melakukan update aplikasi buatan mereka agar kompatibel dengan Ice Cream Sandwich.

Bagi pengguna yang telah menggunakan OS versi 3 ke atas, namun masih memakai aplikasi lama, akan ada pilihan action overflow button yang berada di bagian bawah layar. Menu Action overflow meliputi ikon Back, Home dan Menu.

Foto Action Overflow Button Android

Ini merupakan “jalan tengah” untuk mengatasi masalah kompatibilitas di aplikasi lam. Meski demikian, Google mengatakan, Action Overflow tidak memberikan pengalaman bernavigasi yang ideal.

Lambat laun, Action Overflow akan terbuang karena tak ada lagi pengembang aplikasi yang menggunakannya.

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 5, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: